Belajar Bahasa Korea Terlengkap Bagi Pemula Pengenalan Hangeul

Posted on

Belajar Bahasa Korea Terlengkap Bagi Pemula Pengenalan Hangeul – Pada huruf-huruf korea disebut dengan kata Hangeul 한글, bagi anda yang berminat untuk belajar tentang bahasa korea maka disini adalah situs yang lengkap beserta arti dan maknanya. Sebelum kita mulai lebih jauh, maka sebaiknya anda harus mengetahui huruf-huruf korea sebelum kita lanjut ke membaca dan menulisnya.

Hal ini tentu saja sangat disarankan sekali bagi anda yang ingin mempelajari bahasa korea (Hangeul) untuk pemula sampai benar-benar lancar dalam pengucapan dan penulisan yang baik dan benar, supaya untuk kedepannya dapan memahami seluruh kalimat tulisan dari korea.

Belajar Bahasa Korea
Huruf Alfabet Korea

Kata Hangeul ini diciptakan oleh seorang raja yang bernama Raja Sejong dan mempunyai kemiripan dengan huruf kanji (China) tapi tak sama. Huruf-huruf korea sebenarnya lebih mudah untuk kita pelajari dibandingkan kanji (China). Saya juga yakin sekali bagi anda yang ingin bisa dalam berbahasa korea maka tidak memerlukan waktu yang lama sekitar 2 – 4 minggu pasti anda sudah bisa mengenal dan menulis huruf korea.

Menguasai bahasa korea tentu saja ada maksud dan tujuan tertentu misalkan anda ingin bekerja di korea dan belum mengerti sama sekali untuk berbahasa mereka. Maka solusi yang paling tepat adalah dengan belajar melalui situs ini karena dibandingkan dengan Kursus Bahasa Korea yang mengeluarkan uang untuk membayar penyedia jasa kursus bahasa tersebut.

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Vokal Dasar

Hal pertama yang akan kita bahas mengenai Cara Belajar Bahasa Korea dengan pengenalan vokal dasar sebagai salah satu pengenalan Hangeulnya. Huruf korea vokal dasar terdiri dari 10 huruf dan berikut dibawah ini

Urutan Huruf Bunyi
1 a
2 ya
3 eo/o
4 yeo
5 o
6 yo
7 u
8 yu
9 eu/u
10 i

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Konsonan Dasar

Setelah anda sudah mengetahui huruf vokal dasar maka yang selanjutnya adalah pengenalan huruf konsonan dasar. Huruf konsonan dasar ini terdiri dari 14 huruf, dan berikut dibawah ini adalah hurufnya.

Urutan Huruf Nama Bunyi Awal Bunyi Tengah Bunyi Akhir
1 kiyeok k/g k g
2 nieun n n n
3 tigeut t/d d t
4 rieul r/l r/l l
5 mieum m m m
6 pieup p/b b p
7 siot s s t
8 ieung ng
9 chieut ch j t
10 ch’ieut ch ch t
11 khieuk kh kh k
12 thieut th th t
13 phieup ph ph p
14 hieut h h t

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Vokal Rangkap

Setelah sejauh ini anda mengenal vokal dasar dan konsonan dasar maka semua itu akan dikembangkan lagi menjadi satu yaitu vokal rangkap dan konsonan rangkap. Jika anda sudah berhasil menguasai kedua dari diatas maka semua itu sudah cukup dan kita bisa mempelajari ke tingkat selanjutnya. Sehingga kita bisa mempelajari vokal rangkap dan konsonan rangkap jauh lebih mudah karena huruf vokal dan konsonan rangkap hanya sebuah perkembangan dari huruf vokal dan konsonan dasar.

Urutan Huruf Bunyi Proses
1 ae/e 아 + 이
2 yae/ye 야 + 이
3 e 어 + 이
4 ye 여 + 이
5 oe 오 + 이
6 wa 오 + 아
7 wae/we 오 + 애
8 wo 우 + 어
9 we 우 + 에
10 wi 우 + 이
11 eui/ui 으 + 이

Belajar Bahasa Korea Untuk Pemula Pengenalan Konsonan Rangkap

Sama halnya seperti konsonan rangkap dasar, seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya huruf ini adalah perkembangan dasar dari konsonan rangkap sebelumnya, dan berikut dibawah ini.

Urutan Huruf Bunyi Awal Bunyi Tengah Bunyi Akhir
1 kk kk k
2 tt tt
3 pp pp
4 ss ss t
5 cc cc

Cara Penulisan Hangeul dan Cara Membacanya

Nah sekarang Anda sudah mengenal semua huruf Korea yang terdiri dari Vokal & Konsonan Dasar serta Vokal & Konsonan Rangkap. Sekarang mari kita bahas cara penulisan dan cara membacanya. Dengan kata lain kita akan coba praktekkan huruf Korea tersebut kedalam rangkaian kata. Yang selanjutnya dari rangkaian kata tersebut bisa menjadi satu buah kalimat.

Adapun cara penulisan huruf Korea adalah persuku kata. Dengan demikian kosakata bahasa Korea merupakan terdiri dari suku kata atau bahkan terdiri dari gabungan beberapa suku kata. Selanjutnya dari suku kata bisa kita potong menjadi suku kata Konsonan dan Vokal (KV) atau Konsonan, Vokal, Konsonan (KVK).

Jika penerapan huruf Korea vokal yang berdiri sendiri penulisannya, maka huruf ㅇ masih berfungsi. Artinya huruf ㅇ tidak dihilangkan. Kecuali jika huruf vokal digabungkan dengan huruf konsonan maka huruf ㅇ dihilangkan.

Contoh :

우유 dibaca ‘uyu’ artinya ‘susu’

Selanjutnya didalam huruf Korea, terdapat 4 pola dasar penggabungan vokal dan konsonan yang harus Anda pahami.

Pertama adalah jika Konsonan bergabung dengan Vokal vertikal, maka berpola susun kesamping.

Contoh :

다리미 dibaca ‘tarimi’ artinya ‘setrika’

Kedua jika Konsonan bergabung dengan Vokal horizontal maka berpola susun kebawah.

Contoh :

포도 dibaca ‘phodo’ artinya ‘anggur’

Ketiga jika Konsonan bergabung dengan Vokal vertikal dan ada Konsonan akhir (bachim), maka ditulis seperti berikut :

Contoh :

신발 dibaca ‘sinbal’ artinya ‘sepatu’

Keempat jika Konsonan bergabung dengan Vokal horizontal maka berpola susun tindih seperti contoh berikut :

Contoh :

공장 dibaca ‘kongjang’ artinya ‘pabrik’

Demikian ulasan dari Belajar Bahasa Korea Terlengkap Bagi Pemula Pengenalan Hangeul semoga dapat memberikan banyak manfaat dan membantu bagi anda yang ingin bisa dalam berbahasa korea, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *